Wabup Galus Minta Semua Pihak Dukung Sensus Penduduk 2020

oleh -4 views
banner 970x250

BLANGKEJEREN, KabarGalus | Pemerintah Kabupaten Gayo Lues (Pemkab Galus) meminta semua pihak mendukung terlaksananya sensus penduduk tahun 2020 ini, yang akan dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) setempat.

“Dukungan yang diberikan semua pihak, untuk menjadikan data penduduk di Kabupaten berjuluk Negeri Seribu Bukit dan Seribu Hafizd ini akurat,” kata Wakil Bupati Gayo Lues, H Said Sani, saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Sensus penduduk 2020, yang berbasis online di Oproom Setdakab setempat, Selasa (11/2/2020).

Dikatakan, saat ini Indonesia melakukan Sensus penduduk setiap 10 tahun sekali dan tahun 2020 ini, merupakan kegiatan Sensus yang ke Tujuh, sejak dimulai tahun 1961 silam.

“Data hasil Sensus penduduk ini sangatlah penting untuk menghindari terjadinya data kependudukan ganda atau permasalahan lain menyangkut dengan pesta demokrasi maupun masalah bantuan sosial lainnya. Oleh karna itu saya harapkan semua pihak harus mendukung sensus penduduk ini,” tandas Said Sani.

Dikesempatan yang sama, Kepala BPS Gayo Lues, Sardi SE, MSi, menjelaskan, Sensus penduduk tahun 2020 ini akan dijadikan sebagai data satu pintu yang berbasis online diseluruh Indonesia. Dengan data ini juga akan menjadi indikator perhitungan dana DAU untuk kedepannya.

Oleh sebab itu, program Sensus penduduk secara online ini, akan dimulai pada tanggal 15 Februari 2020 mendatang. Namun bagi yang belum masuk data akan dilakukan sensus berbasis wawancara dari pintu ke pintu, untuk 148 Desa yang ada di 11 Kecamatan di Kabupaten Gayo Lues.

“Kami harapkan pada masyarakat nantinya, memberikan data yang akurat kepada petugas yang memulai sensus penduduk. Kemudian, sebanyak 178 petugas yang di turun ke lapangan untuk mendata, akan dilatih terlebih dulu,” sebutnya, seraya menambahkan, setelah kegiatan ini selesai, diharapkan akan ada rapat lanjutan di setiap Kecamatan.

Dia juga menginformasikan, saat ini kegiatan sensus penduduk sudah dilakukan di 54 Negara secara serentak untuk ke tujuh kalinya, dengan tujuan yang sama yaitu satu data.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *